Membuat Portofolio Pribadi Menarik dalam Mempersiapkan Diri Melamar Pekerjaan bagi Orang Muda Binaan Marga Sejahtera
Kata Kunci:
aplikasi; pekerjaan; portofolio.Abstrak
Portofolio menjadi salah satu persyaratan administrasi utama apabila seseorang ingin melamar suatu pekerjaan. Dalam sebuah portofolio dapat dilihat apa dan bagaimana pribadi sesorang. Dalam pelatihan ini, para peserta diajak langsung mempraktikkan mengenai pembuatan portofolio yang menarik sehingga memiliki peluang diterima oleh pihak perusahaan. Walaupun menggunakan media zoom meeting para peserta tetap dapat berlatih secara langsung sesuai instruksi dari tim dosen sebagai pembimbing pelatihan. Dengan adanya keterbatasan waktu dan beberapa peserta mengalami masalah terkait koneksi internet maka tim dosen pembimbing pelatihan memberikan materi pembuatan portofolio dengan memanfaatkan template yang tersedia dalam aplikasi pengelolaan dokumen. Antusias yang besar dari para peserta membuat tim pembimbing pelatihan menjadi tambah semangat, terutama kelanjutan pembimbingan melalui media email tim pembimbing pelatihan. Waktu yang singkat tetap mampu menghasilkan beberapa contoh portofolio peserta yang bersumber dari dokumen-dokumen pendukung, seperti ijazah dan sertifikat serta pengalaman-pengalaman.
Referensi
Anugraheni, I. (2017). Penggunaan Portofolio dalam Perkuliahan Penilaian Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Dasar PerKhasa, 3(April), 246–258.
Gronlund, N. E. (1998). Assesment of Student Achievment (6th Editio). Allyn and Bacon.
Pamungkas, P. D. A., Oetomo, R. K., & Maturbongs, Y. H. (2020). Pemanfaatan Aplikasi Pencari Kerja Online dalam Meraih Peluang Kerja bagi Orang Muda. Jurnal Karya Untuk Masyarakat (JKuM), 1(1), 59–66. http://jurnal.stiks-tarakanita.ac.id/index.php/JKuM/article/view/313
Paulson, F. L., Pasrl, R. M., & A., C. (1991). What Makes A Portofolio? Eight Thoughtful Guidelines Will Help Educators Encourage Self-Directed Learning. Educational Leadership.
Santoso, B. (2007). Penilaian Portofoli dalam Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2). https://doi.org/https://doi.org/10.22342/jpm.1.2.811
Tierney, R. J., A., C. M., & Desai, L. E. (1991). Portfolio Assesment in The Reading-Writing Classroom. Christopher-Gordon Publisher.