Strategi Pengembangan Komoditas Buah Nanas Lokal di Kecamatan Matan Hilir Selatan Kabupaten Ketapang

Penulis

  • Ira Arianti Politeknik Negeri Ketapang
  • Irfan Cholid Politeknik Negeri Ketapang
https://doi.org/10.58466/lipida.v4i1.1543

Kata Kunci:

Kecamatan Matan Hilir Selatan, Nanas Lokal, Strategi Pengembangan, Usahatani

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk merumuskan strategi pengembangan komoditas nanas lokal yang berada di Kecamatan Matan Hilir Selatan, Kabupaten Ketapang. Penelitian ini dilakanakan dengan metode kualitatif, menggunakan analisis deskripsi kualitatif untuk memahami potensi dan hambatan pengembangan komoditas nanas lokal, serta analisis SWOT untuk merumuskan strategi pengembangannya. Hasil penelitian menunjukkan posisi di kuadran I  dengan strategi S-O yang paling efektif dan efisien untuk pengembangan komoditas nanas lokal. Strategi S-O yang dapat diimplementasikan meliputi pengembangan usahatani nanas lokal dengan mengoptimalkan keahlian petani, dan mempertahankan nanas sebagai produk unggulan dan mendorong inovasi produk olahan lainnya.

Referensi

Bungin. D. (2007). Penelitian Kualitatif Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan Publik dan Ilmu Sosial Lainnya. Jakarta: Prenada Media Group.

David, Fred R. (2010). Strategic Management, Concepts and Applications. Amerika Serikat: Pearson Prentice Hall.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2009). Manajemen Pemasaran (13th ed.). Jakarta: Erlangga.

Sukirno. (2011). Pengantar Ilmu Ekonomi. Bandung: Alfabeta.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-04-30

Cara Mengutip

Arianti, I., & Cholid, I. (2024). Strategi Pengembangan Komoditas Buah Nanas Lokal di Kecamatan Matan Hilir Selatan Kabupaten Ketapang. Jurnal Teknologi Pangan Dan Industri Perkebunan (LIPIDA), 4(1), 38-42. https://doi.org/10.58466/lipida.v4i1.1543

Terbitan

Bagian

Artikel