MODIFIKASI MATA BOR HAND AUGER BERBAHAN BEKAS SPRING MOBIL UNTUK KEGIATAN SAMPLING ALUVIAL DI KABUPATEN KETAPANG

Penulis

  • Idris Herkan A Politeknik Negeri Ketapang
  • Ismail Marjuki Politeknik Negeri Ketapang
  • Syarifah Aqla Politeknik Negeri Ketapang
https://doi.org/10.54866/jumpe.v1i01.1257

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk memodifikasi mata bor hand auger yang ada dipasaran yang berbahan besi garvanis yang diduga mudah tumpul ketika berhadapan dengan material alluvial jenis pasir dengan material dari bekas spring mobil yang terbuat dari baja dan memiliki ketajaman yang tahan lama ketika berhadapan dengan pasir. Selain itu untuk mengatasi jatuhnya sampel saat diangkat terutama pada sampel pasir berair, peneliti juga ingin melihat sejauh mana kemiringan mata hand auger yang bisa menangkap material terutama alluvial jenis pasir berair. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa penggunaan bahan bekas spring mobil sebagai mata bor hand auger memiliki ketajaman yang baik sehingga kegiatan memutar hand auger untuk sampling pasir lebih ringan dibanding menggunakan hand auger yang dijual di pasaran.Kemiringan mata bor hand auger hasi modifikasi pada sudut kemiringan 300 lebih baik dalam terangkatnya sampel pasir berair dan mudah dalam mengeluarkan sampel dari tabung bor dibandingkan dengan sudut mata bor 150 yang tidak bisa mengangkat sampel dengan optimal dan mata bor 450 yang mengalami kesulitan saat mengeluarkan sampel dari tabung bor.

Referensi

Afandi. I.H dkk. 2019. Perbandingan Sampling dengan Metode Test Pit dan Pengeboran Pada Endapan Bauksit PT. Harita Prima Abadi Mineral Kabupaten Ketapang Provinsi Kaliantan Barat. Jurnal Simetrik: vol 9 nomor 1.

Aris, A.P, dkk .2017. Pengaruh Efisiensi Kerja Alat Bor Pada Pemboran Produksi Nikel Laterit. Jurnal Geomin : vol 5 no 1

Sianturi. R.H dkk. 2020. Analisis Spasi Lubang Bor Untuk Mengevaluasi Sumberdaya Timah Aluvial dan Mineral Ikutannya di Pulau Bangka Dengan Global Estimation Variance. Jurnal Riset Geologi dan Pertambangan: vol 30 nomor 2.

Suprapman, dkk. Produktivitas Kinerja Mesin Bor Dalam Pembuatan Lubang Ledak di Quary Batu Gamping B6 Kabupaten Pangkep Provinsi Sulawesi Selatan. Jurnal Geomin: vol 5 nomor 2.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-12-12

Cara Mengutip

Herkan A, I., Marjuki, I. ., & Aqla, S. . (2023). MODIFIKASI MATA BOR HAND AUGER BERBAHAN BEKAS SPRING MOBIL UNTUK KEGIATAN SAMPLING ALUVIAL DI KABUPATEN KETAPANG. JUMPE : Journal of Mining, Mineral Processing, and Energy, 1(01), 9-13. https://doi.org/10.54866/jumpe.v1i01.1257

Terbitan

Bagian

Artikel