Peningkatan Penguasaan Perkalian Melalui Metode Jarimatika Pada Pembelajaran Matematika
Kata Kunci:
perkalian, jarimatika, hasil belajarAbstrak
Dalam pembelajaran matematika, pemahaman siswa terhadap konsep perkalian masih belum mencapai tingkat yang diharapkan. Banyak dari mereka yang merasa kesusahan dan tidak suka untuk belajar perkalian, yang berdampak pada rendahnya pencapaian belajar. Meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa kelas III SDN 004 Sangkulirang dalam materi perkalian dengan menggunakan metode jarimatika merupakan tujuan dari penelitian ini. Penelitian dilakukan terhadap 26 siswa kelas III SDN 004 Sangkulirang, Kecamatan Sangkulirang, Kabupaten Kutai Timur, pada tahun pelajaran 2023/2024. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus dengan empat tahapan pelaksanaan. Pengumpulan data penelitian dilakukan melalui observasi siswa dan tes hasil belajar, kemudian dianalisis menggunakan teknik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa setelah menerapkan metode jarimatika. Pada siklus 1, sebanyak 17 siswa atau 65,38% berhasil mencapai KKM 68 dengan skor rata-rata 71. Pada siklus 2, jumlah siswa yang mencapai KKM meningkat menjadi 24 atau 92,30%, dengan skor rata-rata 82,14. Berdasarkan data tersebut, dapat disimpulkan bahwa penerapan metode jarimatika dalam pembelajaran perkalian berhasil meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika
Referensi
Afriani, D., Fardila, et. Al.(2019). Penggunaan metode jarimatika dalam meningkatkan kemampuan berhitung perkalian pada siswa sekolah dasar. Journal Of Elementary Education, 2(05), 5.
Astuti, Trifia. (2017). Sukses BIMBEL. Jakarta: Lingkar Media.
Aqib, zainal, et.Al.(2019). Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: CV. Yrama Widya.
Edison, Alfha. (2023). (n.p.). Problem Based Learning Solusi Meningkatkan Prestasi Belajar. NTB: Penerbit P4I.
Gunawan, Adi w.(2017). Cara Genius Menguasai Tabel perkalian. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Hermawan, et.Al.(2009). 5 Langkah Rahasia Berhitung Mudah. Jakarta: Media Pusindo
Isnawati, Nurlaela. (2019). Membuat Anak Pintar Berhitung Hanya Dalam 30 Hari.
Yogyakarta: Garailmu.
Jihan, A, et.Al. (2022). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Dengan Melalui Metode Jarimatika Pada Siswa Kelas II SDI Modern El-Cordova. Journal Pendidikan dan Konseling(JPDK), 4(6), 7221-7228.
Prihantini. (2021). Strategi Pembelajaran SD. Jakarta: Bumi Aksara.
Rahmat, Abdul, Et. Al.(2021).(n.p). Model Mitigasi Learning Loss Era Covid 19: Studi Pada Pendidikan Nonformal Dampak Pendidikan Jarak Jauh. Yogyakarta: Samudra Biru
Rini, J. (2021,December). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Perkalian Bilangan Desimal dengan Metode latis. In SEMAI:Seminar Nasional PGMI (Vol. 1,No. 1.pp. 657-667).
Siagian, S. (2023). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Materi Perkalian Dasar Dengan Metode Jarimatika di Kelas 3-b sd st. Yosef Sidikalang ta. 2021/2022. Quaerite veritatem: Jurnal Pendidikan, 2(2), 126-134.
Syarfi, A., Helsa, Y., Ariyani, Y. (2020). Model Pembelajaran Inovatif Untuk Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Yogjakarta. DeePublish
Sudjana, Nana. (2000). Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Sinar Baru Algensindo.
Sumarno dan Sukahar. (2017). Matematika 3 mari berhitung. Jakarta: Balai Pustaka.
Suryaningrat, E. F, et.Al.(2021). Analisis metode jarimatika dalam meningkatkan kemampuan berhitung perkalian dan motivasi belajar siswa. Caxra: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 1(1), 29-41.
Zulfiati (2022). Inovasi Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar. Amerta Media.