Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas X SMA Negeri 8 Padangsidimpuan
Kata Kunci:
kemampuan pemecahan masalah, matematis, siswaAbstrak
Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 8 Padangsidimpuan, yang terdiri dari 21 orang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes. Adapun persentase kemampuan siswa mengidentifikasi unsur-unsur yang diketahui dan ditanyakan mencapai 80,95% dalam kategori baik, persentase kemampuan siswa merumuskan masalah matematis atau menyusun model matematis 76,19% dalam kategori baik, persentase kemampuan siswa memilih dan menerapkan strategi untuk menyelesaikan masalah 61,90% tergolong dalam kategori cukup baik
Referensi
Arikunto, Suharsimi. 2006. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan (Edisi Revisi). Jakarta: Bumi Aksara.
Dahar, R.W. 2011. Teori-Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Erlangga.
Depdiknas, 2006. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi Sekolah Menengah Pertama. Jakarta: Depdiknas.
Desisma, dkk. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau Dari Kemampuan Awal Siswa. Jurnal Cendikia: Jurnal Pendidikan Matematika, Vol. 2, No. 2
Meirza Nanda Faradita, Pengaruh Metode Pembelajaran Type Model Pembelajaran Talking Stick Terhadap Hasil Belajar IPA pada Siswa Kelas 4 Sekolah Dasar, Jurnal Bidang Pendidikan Dasar (JBPD), Vol. 2 No. 1A.
Sumaryanta. 2015. Pedoman Penskoran. Indonesian Digital Journal of Mathematics and Education. ISSN 2407-7925. Vol. 2 No.3.