Rancang Bangun Kapasitor Bank Otomatis Berbasis Internet Of Things (IoT) Pada Rumah Tinggal

Penulis

  • Muhammad Arfan Fahmi Politeknik Negeri Pontianak
  • Erick Radwitya Politeknik Negeri Ketapang
  • Hasan Politeknik Negeri Pontianak
https://doi.org/10.58466/entries.v3i2.1608

Kata Kunci:

Listrik, Rugi-rugi daya, Kapasitor Bank, Faktor daya, Internet of Things (Iot)

Abstrak

Listrik merupakan sumber energi yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari, namun seringkali kita menghadapi kendala berupa rugi-rugi daya. Faktor penyebab rugi-rugi daya adalah resistansi dalam kabel distribusi, kelebihan beban, tegangan rendah, dan faktor lainnya. Untuk mengatasi masalah ini, solusinya adalah dengan menggunakan kapasitor bank. Penggunaan kapasitor bank mampu menanggulangi kendala tersebut dengan cara meningkatkan faktor daya dan mengurangi kerugian energi.

Kapasitor bank terbukti efektif dalam meningkatkan faktor daya, namun, kendala pengoperasiannya secara manual sering kali mengganggu pengguna. Oleh karena itu, tujuan proyek akhir ini adalah merancang dan menerapkan sistem kapasitor bank otomatis yang menggunakan Internet of Things (IoT) untuk meningkatkan efisiensi energi dan kenyamanan pengguna di rumah tinggal. Sistem kapasitor bank otomatis ini melibatkan unit kontrol mikrokontroler yang terhubung dengan sensor arus dan tegangan untuk mendeteksi beban. Modul IoT memungkinkan pengguna untuk memantau dan mengontrol kapasitor bank dari jauh melalui aplikasi seluler. Hasil pengujian menunjukkan bahwa sistem ini mampu secara otomatis menyesuaikan kapasitas kapasitor bank sesuai permintaan daya, meningkatkan faktor daya, dan mengurangi konsumsi energi secara signifikan. Diharapkan implementasi kapasitor bank otomatis berbasis IoT pada rumah tinggal akan menjadi solusi efektif untuk meningkatkan efisiensi energi dan kenyamanan pengguna di sistem kelistrikan rumah modern.

Referensi

D. A. Basudewa, W. Aribowo, M. Widyartono, dan A. C. Hermawan, “Analisa Penggunaan Kapasitor Bank Terhadap Faktor Daya Pada Gedung Idb Laboratory Unesa,” Jurnal Teknik Elektro, vol. 9, pp. 697-707, 2020.

M. Darusman, “Analisa Kelayakan Pemasangan Kapasitor Bank Pada Gardu Distribusi Untuk Kemampuan Layanan di PT. EPI (Energi Pelabuhan Indonesia) Cabang Pontianak,” Jurnal Teknik Elektro Universitas Tanjungpura, vol. 2, no. 1, 2018.

D. Handarly dan J. Lianda, “Sistem Monitoring Daya Listrik Berbasis IoT (Internet of Thing),” J. Electr. Electron. Control Automot. Eng, vol. 3, pp. 205-208, 2018.

I. Muhammad, “Sistem Kendali Dan Monitoring Faktor Daya Listrik Berbasis Mikrokontroler Dan Internet Of Things (IoT),” Jurnal Fakultas Teknik Universitas Tanjungpura, 2020.

H. N. Isnianto dan E. Puspitaningrum, “Monitoring Tegangan, Arus, Dan Daya Secara Real Time untuk Perbaikan Faktor Daya Secara Otomatis pada Jaringan Listrik Satu Fase Berbasis Arduino,” Jurnal Nasional Teknologi Terapan (JNTT), vol. 2, pp. 31-36, 2018.

P. A. Juliantara, I. W. A. Wijaya, dan C. G. I. Partha, “Rancang Bangun Kapasitor Bank Otomatis Berbasis Mikrokontroler ATmega 328P Untuk Perbaikan Faktor Daya,” Jurnal SPEKTRUM, vol. 5, pp. 157-163, 2018.

S. Noor dan N. Saputera, “Efisiensi Pemakaian Daya Listrik Menggunakan Kapasitor Bank,” Poros Teknik, vol. 6, pp. 73-79, 2014.

Proceeding:

S. Anwar, T. Artono, N. Nasrul, D. Dasrul, dan A. Fadli, “Pengukuran Energi Listrik Berbasis PZEM-004T,” dalam Prosiding Seminar Nasional Politeknik Negeri Lhokseumawe, vol. 3, no. 1, pp. 272, 2019.

Texbooks:

A. Von Meier, *Electric power systems: a conceptual introduction*. John Wiley & Sons, 2006.

Laporan:

W. N. Hardiranto, “Analisa optimasi perbaikan faktor daya dan drop tegangan dengan menggunakan kapasitor bank pada line 5 PT Bukit Asam (persero) Tbk,” Skripsi. Universitas Lampung, 2017.

Y. Sartika, “Sistem Pengoperasian Kapasitor Bank Dan Monitoring Menggunakan Internet Of Things (IoT) Di Gedung Elektro,” Disertasi. Politeknik Negeri Bengkalis, 2021.

Buku Terjemahan:

M. Abdillah, Merakit Kapasitor Bank Untuk Jaringan Listik, Pontianak: Yayasan Kemajuan Teknik, 2015.

Risya, “Rangkaian Seri dan Paralel Kapasitor Bank,” [Online]. Tersedia: https://www.kompas.com/skola/read/2020/10/20/183421869/pengertianrangkaian-seri-dan-paralel-kapasitor?page=al. [Diakses 5 Agustus 2023].

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-06-01

Cara Mengutip

Fahmi, M. A., Radwitya, E., & Hasan. (2024). Rancang Bangun Kapasitor Bank Otomatis Berbasis Internet Of Things (IoT) Pada Rumah Tinggal. Electrical Network Systems and Sources, 3(2), 6-13. https://doi.org/10.58466/entries.v3i2.1608