Rancang Bangun Trainer Instalasi Listrik Tenaga Sebagai Media Pendukung Praktikum Bengkel Teknologi Listrik Di Politeknik Negeri Ketapang

Penulis

  • Nia Yuniar politeknik negeri ketapang
  • Fachrul Rozie Politeknik Negeri Ketapang
  • Yudi Chandra Politeknik Negeri Ketapang
https://doi.org/10.58466/entries.v3i2.1604

Kata Kunci:

Pengendali, Star Delta, Trainer

Abstrak

Media praktikum merupakan sarana untuk memperagakan suatu percobaan dalam mata kuliah praktikum terutama tentang pengontrolan motor listrik dan pengendali motor listrik. Dilakukannya penelitian ini bertujuan untuk mempermudah mahasiswa/i dalam memahami rangkaian star delta. Motor induksi 3phase merupakan alat utama yang menggunakan energi listrik untuk menggunakan energi listrik guna menggerakkan mesin – mesin listrik. Motor ini merupakan motor arus bolak – balik yang paling banyak digunakan dalam dunia industri. Hubungan star pada motor diperlukan untuk meminimalisir arus. Setelah arus turun pindah ke hubungan delta untuk mendapatkan tegangan penuh.

Pada proses rancang bangun trainer rangkaian starting ini adalah identifikasi masalah, pengumpulan data, perancangan alat, pembuatan komponen trainer, uji coba, pembahasan dan kesimpulan. Pada proses perancangan trainer rangkaian starting ini melakukan pemilihan komponen – komponen yang diperlukan, kemudian melakukan perhitungan komponen – komponen yang diperlukan. Setelah komponen – komponen diketahui tipe dan spesifikasi, selanjutnya baru dilakukan perhitungan pembuatan trainer rangkaian starting untuk mengetahui Rancangan Anggaran Biaya (RAB) yang direkomendasikan pada trainer rangkaian star delta ini.

Hasil dari perhitungan kapasitas komponen yang diperlukan, maka alat praktikum ini tidak hanya dapat digunakan untuk rangkaian atau hubungan star delta saja melainkan bisa digunakan untuk rangkaian yang lain. Alat praktikum sebaiknya digunakan sebagai media pembelajaran untuk mata kuliah praktikum Instalasi Listrik Tenaga. Bagi peneliti lain apabila ingin mengembangkan alat ini, dapat melakukan metode lain baik perancangan bentuk maupun perakitannya guna menghasilkan alat praktikum yang lebih baik.

Kata Kunci : Pengontrolan, Pengendali, Star Delta, Trainer.

Referensi

Arifin, M., & Umar, U. (2021). Analisis Perbandingan Arus Starting Motor Induksi 3 Fasa Rangkaian Star Delta dengan Variable Frequency Drive. Prosiding Simposium Nasional Rekayasa Aplikasi Perancangan dan Industri, 189-195.

Arikunto, Suharsimi. (1991). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Asyhar, Rayandra. 2012. Kreatif Menegembangkan Media Pembelajaran. Jakarta: Referensi.

Hammi, T., Hamid, M. A., & Permata, E. (2020). Pengembangan trainer instalasi motor listrik untuk meningkatkan hasil belajar siswa sekolah menengah kejuruan. TEKNO: Jurnal Teknologi Elektro dan Kejuruan. Malang: Universitas Negeri Malang, 30(1), 1-10.

Hasan, M., Milawati, M., Darodjat, D., Harahap, T. K., Tahrim, T., Anwari, A. M., ... & Indra, I. (2021). Media pembelajaran

Petruzella, Frank D. (2001). Elektronik Industri. Diterjemahkan oleh Drs.Sumanto, MA. Yogyakarta : Andi.

Putra, J. S. M., Endramawan, P., & Hariwibowo, A. (2017). Pembuatan trainer instalasi motor 3 phase. Jupiter (Jurnal Pendidikan Teknik Elektro), 1(2), 81-90.

Sudaryana, I. G. S. (2015). Pemanfaatan relai tunda waktu dan kontaktor pada panel hubung bagi (phb) untuk praktek penghasutan starting motor star delta. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 12(2), 97-108.

Sunyoto(1993). Mesin Listrik Arus Bolak-Balik. Yogyakarta: IKIP Yogyakarta.

Swamardika, I. B. A., Amrita, A. A. N., Arjana, I. G. D., & Partha, C. G. I. (2018). Pelatihan Pengaman Instalasi Listrik Sesuai Persyaratan Umum Instalasi Listrik 2011 Serta Amandemen 2014. Buletin Udayana Mengabdi, 17(1), 120-126.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-06-01

Cara Mengutip

Yuniar, N., Rozie, F., & Chandra, Y. (2024). Rancang Bangun Trainer Instalasi Listrik Tenaga Sebagai Media Pendukung Praktikum Bengkel Teknologi Listrik Di Politeknik Negeri Ketapang. Electrical Network Systems and Sources, 3(2), 1-5. https://doi.org/10.58466/entries.v3i2.1604