Rancang Bangun Trainer Instalasi Listrik Dasar Sebagai Alat Pendukung Pembelajaran Mahasiswa

Penulis

  • Gina Sonia Politeknik Negeri Ketapang
  • Yudi Chandra Politeknik Negeri Ketapang
  • Fachrul Rozie Politeknik Negeri Ketapang
https://doi.org/10.58466/entries.v3i1.1581

Abstrak

Trainer atau media pembelajaran merupakan sarana untuk memperagakan suatu percobaan dalam mata kuliah praktikum terutama tentang instalasi listrik dasar. Melakukan perakitan atau pemasangan instalasi listrik ini bertujuan untuk mempermudah mahasiswa/i dalam memahami rangkaian instalasi listrik dan oleh karna itu dibutuhkan sebuah trainer atau media pembelajaran  untuk mata kuliah instalasi listrik yang belum tersedianya Trainer Instalasi Listrik di Bengkel Teknologi Listrik Politeknik Negeri Ketapang.  

Pada proses rancang bangun trainer rangkaian instalasi listrik ini adalah identifikasi masalah, pengumpulan data, perancangan alat, pembuatan komponen trainer, uji coba, pembahasan dan kesimpulan. Pada proses perancangan trainer rangkaian instalasi listrik ini dengan menentukan komponen-komponen yang diperlukan, kemudian melakukan perhitungan komponen-komponen yang diperlukan. Setelah komponen-komponen tersebut diketahui tipe dan spesifikasi, selanjutnya baru dilakukan perhitungan pembuatan trainer untuk mengetahui Rancangan Anggaran Biaya (RAB) yang digunakan untuk intalasi listrik dasar.

Hasil perhitungan arus maksimun dengan daya 1300 watt untuk menyuplai arus tegangan trainer mendapat hasil perhitungan 7,38A dengan menentukan luas penampang kabel dengan nilai KHA didapatkan hasil 9,2A menggunakan penampang kabel 1,5mm. untuk arus maksimun penggunaan MCB mendapatkan hasil 5,9A, maka MCB yang digunakan ialah MCB 6A. Adapun tahapan proses pembuatan trainer ialah pemotongan akrilik, pelubangan akrilik, pemasangan komponen, perakitan, dan pengujian alat. Dengan menggunakan 2 MCB, 2 Saklar tunggal,, 1 saklar seri, 2 kotak kontak dan 5 buah fitting lampu.

 

Kata Kunci : Media Pembelajaran, Trainer Instalasi Listrik Dasar

 

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-01-01

Cara Mengutip

Sonia, G., Chandra, Y., & Rozie, F. (2024). Rancang Bangun Trainer Instalasi Listrik Dasar Sebagai Alat Pendukung Pembelajaran Mahasiswa . Electrical Network Systems and Sources, 3(1), 32-37. https://doi.org/10.58466/entries.v3i1.1581

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >>