PERANCANGAN DAN PEMBUATAN SEPEDA LISTRIK PENGISIAN DAYA OTOMATIS DENGAN MENGGUNAKAN MOTOR DC SEBAGAI SUMBER ENERGI ALTERNATOR
Kata Kunci:
Sepeda Listrik, Energi Baterai, BLDC MotorAbstrak
Dengan semakin berkembangnya teknologi pada kendaraan bermotor roda dua, terutama pada sistem penggerak atau transmisi, yang saat ini lebih didominasi transmisi otomatis (Automatic Transmition), perlahan, mulai menggantikan transmisi manual (Manual Transmition). Dari sisi motor penggerak, inovasi penggunaan energi alternatif terus berkembang, dimana penggunaan mesin pembakaran dalam (Internal Combustion Engine) berbahan bakar minyak (BBM), lambat laun akan tergantikan oleh motor listrik sebagai penggerak utama dengan memanfaatkan sumber energi listrik yang tersimpan dalam Baterai.
Beranjak dari pemikiran diatas, penulis mencoba mengaplikasikan cara kerja “Motor Listrik DC sebagai Sumber Utama Penggerak Sepeda dengan Memanfaatkan Energi Baterai sebagai Sumber Energi”, dimana kendaraan atau sepeda listrik ini dapat digunakan sebagai kendaraan alternatif jarak dekat, dan ramah lingkungan, dalam usaha menciptakan dan mengkampanyekan Green Energy.
Pada penelitian ini akan dilakukan perencanaan dan perancangan secara nyata, mulai pemilihan model kendaraan, jenis motor dan accumulator yang digunakan, serta unjuk kerja kendaraan tersebut serta rencana anggaran biaya, pemilihan motor listrik yang tepat yang tepat berdasarkan fungsi, yang merupakan kebaruan dari teknologi yang akan dihasilkan dari penelitian ini.
Kendaraan listrik ini dirancang dapat membawa beban maksimal 150 Kg, dengan daya motor sebesar 1000 Watt 48 Volt, kapasitas baterai 48 volt 12 Ah, waktu pengosongan arus selama 0,25 menit (Full throtle) dengan kecepatan maksimal 60km/jam, atau 17m/detik. jarak tempuh 30 Km/charge.
Pemanfaatan energi baterai sebagai sumber energi penggerak kendaraan sangat berpotensi sebagai energi alternatif untuk menggantikan penggunaan bahan bakar fosil, dimana pemanfaatan energi baterai ramah lingkungan tanpa polusi udara maupun suara, sehingga sangat mendukung untuk perlindungan lingkungan hidup.
Referensi
. Wijaya Widjanarka Natasaputra, Suklis Sutriyatno, “Sepeda Motor Listrik Tenaga Matahari dengan Metode Wireless Energy Transfer”. URECOL, Vol 6, 2017.
. Dhimas Satria, Rina Lusiani, “Analisa Perhitungan Energi Listrik Pada Sepeda Listrik Hybrid”. Sintek Jurnal, Vol 11, No.1, Juni 2017.
. Widdyharto, “Sistem Sepeda Listrik Berbasis Mikrokontroler”. Fakultas MIPA, Prodi Fisika, Universitas Indonesia, 2010.
. Hanafi Gunawan, “Mesin dan Rangkaian Listrik”. Erlangga, 1993.
. Kiyokatsu Suga, Sularso, “ Dasar Perencanaan dan Pemilihan Elemen Mesin”. PT. Pradnya Paramita, 1997.
. Syamsir A. Muin, “ Dasar-dasar Perancangan Perkakas dan Mesin-mesin Perkakas”. CV. Rajawali, 1986.
. Gandhi Harahap, “Perencanaan Teknik Mesin”. Erlangga, 1995
. Anwari, Mohd. Rafe’i, “Bagian-bagian Mesin 3”. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, 1981.
. Sumanto, Ma, “Mesin Arus Searah”. Andi
Offset, 1991
. Fuad Zainuri1, Asep Apriana, dan Dedi Dwi
HaryadiSumanto, Optimalisasi Erancang
Bangun Mobil Listrik Sebuah Studi
Kendaraan Hemat Energi sebagai Bagian
Solusi Alternatif Krisis Energi Dunia,
Politeknologi Vol. 14 No. 13 September 2015