Penyiraman Tanaman Cabai Otomatis Dalam Greenhouse Berbasis IoT Menggunakan Platform Thingspeak

Penulis

  • Fachrul Rozie Politeknik Negeri Ketapang
  • Yudi Chandra Politeknik Negeri Ketapang
  • Syaifudin Usman Politeknik Negeri Ketapang
  • Erwin Erwin Politeknik Negeri Ketapang
https://doi.org/10.58466/entries.v2i2.1498

Kata Kunci:

penyiraman otomatis, tanaman cabai, Internet of thing

Abstrak

Perkembangan zaman pada saat ini semakin meningkat, manusia mengharapkan sebuah alat atau teknologi yang dapat membantu pekerjaan terutama di sektor pertanian, sehinga teknologi menjadi kebutuhan bagi manusia. Tugas akhir kali ini membuat sebuah perangkat yang dapat melakukan pekerjaan menyiram tanaman cabai, yang awalnya secara manual menjadi otomatis. Penyiraman tanaman merupakan suatu kegiatan yang perlu diperhatikan dalam melakukan pemeliharaan tanaman cabai, dikarenakan tanaman cabai memerlukan asupan air yang cukup untuk melakukan fotosintesis dalam memperoleh kebutuhannya untuk tumbuh dan berkembang. Pembuatan tugas akhir ini dilakukan dengan memanfaatkan limbah dari kolam ikan nila sebagai pengganti penggunaan air bersih untuk penyiraman tanaman cabai. Sekaligus memanfaatkan kotoran ikan sebagai tambahan pupuk untuk tanaman. Pada suhu 27°C bersamaan kelembaban tanah yang terbaca kurang dari 60 % dan sebaliknya pompa akan mati apabila nilai dari salah sensor tidak memunuhi ketentuan nilai menghidupkan pompa yaitu suhu sudah kurang dari 27 °C atau kelembaban tanah sudah melebihi nilai ideal tanaman cabai yaitu 80, Namun pada alat ini pompa off di seting pada kelembaban 75% untuk antisipasi terjadinya kelemababan tanah yang berlebihan.

Referensi

. Alwi M. Analisis Kinematika dan Dinamika Smart Green House Untuk Tanaman Hidroponik. Makassar: Universitas Hasanuddin. 2011.

. Mudiyanti R, Aminudin A, dan Hasanah L. Design watering system on greenhouse using microcontroller with matrix based, MSCEIS 2018, 2019.

. Sabila YB, dan Suwito D. “Rancang Bangun Alat Penyiram Tanaman Otomatis,”. Surabaya: Jurnal Rekayasa Mesin, UNESA. Desember 2020.

. Rahardjo VA, dan Setiyadi D. Implementasi Sensor Pengukur Kelembapan Tanah Dan Penyiraman Otomatis Serta Monitoring Pada Kebun Tanaman Cabai Rawit. Pringsewu : Aisyah Journal of Informatics and Electrical Engineering UAP Lampung, vol. 3, Juni 2021.

. Novianto A, Farida I, dan Sahertian J, Alat Penyiram Tanaman Otomatis Berbasis IoT Menggunakan Metode Fuzzy Logic, Kediri : Seminar Inovasi dan Teknologi UNPK, vol. 5, Agustus 2021.

. Irawan Y, Sabna E, Azim JF, Wahyuni R, Belarbi N, dan Josephine MM. Automatic Chili Plant Watering Based On Internet Of Things (Iot), Journal of Applied Engineering and Technological Science, Vol. 3, no. 2, pp. 77-83, 2022.

. Zakaria M, Pagiling Luther, dan Ala WSN, Sistem Penyiraman Otomatis Tanaman Semusim Berbasis Inferensi FuzzyMultilayer Perceptron, Kendari : Jurnal Fokus Elektroda, Vol. 7, no. 1, pp. 35-45, 2022

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-09-01

Cara Mengutip

Rozie, F., Chandra, Y., Usman, S., & Erwin, E. (2023). Penyiraman Tanaman Cabai Otomatis Dalam Greenhouse Berbasis IoT Menggunakan Platform Thingspeak. Electrical Network Systems and Sources, 2(2), 13-18. https://doi.org/10.58466/entries.v2i2.1498

Terbitan

Bagian

Artikel