Perencanaan Sistem Otomatisasi Smartroom Berbasis Mikrokontroller Arduino Uno

Penulis

  • Syarif Ishak Alkadri Politeknik Negeri Ketapang
  • Erick Radwitya Politeknik Negeri Ketapang
https://doi.org/10.58466/entries.v2i2.1130

Kata Kunci:

Smartroom, Sistem Otomatisasi Lampu, Mikrokontroler.

Abstrak

Perkembangan teknologi yang semakin maju saat ini telah banyak diterapkan dalam kehidupan manusia untuk membantu dalam setiap aktifitas. Dalam memenuhi kebutuhan hidup, manusia selalu menginginkan dan memikirkan cara untuk melakukan kegiatan sehari-hari secara efektif dan efisien. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan prototipe pengendalian perangkat elektronik jarak dekat atau jauh menggunakan aplikasi smartphone memanfaatkan konektivitas internet yang diakses melalui aplikasi yang diinstal pada smartphone. Perangkat elekronik yang dapat dikendalikan terdiri dari 4 lampu, dan 4 stop kontak. Pemasamg alat ini memakan biaya sebesar Rp. 563.000, Adapun kesimpulan penelitian ini yaitu dapat mengendalikan nyala dan matinya lampu serta stop kontak baik menggunakan saklar atau menggunakan aplikasi Ardiuino bluetooth controller. pengendalian komponen elektronik ini dapat diaplikasikan pada bangunan perumahan atau apartemen untuk sistem kendali otomatis dan juga pemantauan komponen elektronik dengan aplikasi Ardiuino bluetooth controller. Berdasarkan hasil proyek akhir ini adalah membuat rancangan single line dan wiring diagram yakni pada instalasi ruangan otomatis atau smartroom yakni penggunan 4 buah lampu.

  Kata kunci: Smartroom, Sistem Otomatisasi Lampu, Mikrokontroler.

Referensi

Aditya Fajar, I., PUTRA PAMUNGKAS, D. A. N. A. R., & KUMALASARI NISWATIN, R. A. T. I. H. (2022). PERANCANGAN SMART HOME (SMART ROOM) MENGGUNAKAN MIKROKONTROLER ARDUINO UNO (Doctoral dissertation, Universitas Nusantara PGRI Kediri).

Iqbal, M., Hermanto, B., Ashshaff, A. M., & Dewantara, R. H. (2021). Smart Room Sistem Menggunakan Teknologi Internet of Things (IoT) dengan SistemKendali Berbasis Android. Jurnal CoreIT, 7(1).

Susilo, D., Sari, C., & Krisna, G. W. (2021). Sistem Kendali Lampu Pada Smart Home Berbasis IOT (Internet of Things). Jurnal ELECTRA: Electrical EngineeringArticles, 2(1),23-30.

Endra, R. Y., Cucus, A., Afandi, F. N., & Syahputra, M. B. (2019). Model Smart Room Dengan Menggunakan Mikrokontroler Arduino Untuk Efisiensi Sumber Daya. Explore: Jurnal Sistem Informasi Dan telematika

(Telekomunikasi,Multimediadan infomatika 10 (1).

Shibghotullah, Ghoziy, Danny Kurnianto, and Muntaqo Alfin Amanaf. "Rancang Bangun Smart Room Menggunakan Bluetooth Berbasis Arduino." Conference on Electrical Engineering, Telematics, Industrial technology, and Creative Media (CENTIVE). 2018.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-06-01

Cara Mengutip

Alkadri, S. I., & Radwitya, E. (2023). Perencanaan Sistem Otomatisasi Smartroom Berbasis Mikrokontroller Arduino Uno . Electrical Network Systems and Sources, 2(2), 7-12. https://doi.org/10.58466/entries.v2i2.1130

Terbitan

Bagian

Artikel