PENGARUH PROMOSI BERBASIS MEDIA SOSIAL TERHADAP PEMASARAN HASIL PANEN KELOMPOK WANITA TANI ROAY LESTARI KOTA TASIKMALAYA

Penulis

  • Salma Mahmudah Universitas Siliwangi
  • Raisa Aulia Azqa Universitas Siliwangi
  • Mila Aulia Putri Universitas Siliwangi
  • Ardiyanti Zahra Universitas Siliwangi
  • Lintang Kedjora Silvanissa Universitas Siliwangi
  • Yani Sri Astuti Universitas Siliwangi
https://doi.org/10.58466/adidaya.v2i1.1762

Kata Kunci:

Promosi, Media Sosial, Hasil Panen, Kelompok Wania Tani

Abstrak

Saat ini media sosial bukan hanya berfungsi sebagai alat komunikasi tetapi sudah berkembang menjadi alat promosi dan pemasaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi, efektivitas, dan faktor yang mempengaruhi keberhasilan promosi Kelompok Wanita Tani Roay Lestari melalui media sosial. Metodologi penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif yang mengahasilkan kata-kata tertulis atau lisan dari orang dan perilaku yang diamati. Hasil menunjukan bahwa strategi promosi yang dilakukan oleh KWT Roay Lestari berfokus dalam membangun personal branding. Dalam efektivitasnya anggota KWT Roay Lestari menyebutkan bahwa Media sosial telah menjadi alat promosi yang efektif dalam pemasaran produk dengan kontribusi mencapai sekitar 80%. Keberhasilan promosi di KWT Roay Lestari dipengaruhi oleh faktor konten dan komunikasi dengan konsumen. Perbandingan hasil pemasaran online menggunakan media sosial dan pemasaran offline menunjukkan bahwa pemasaran online lebih berpengaruh dan berpotensi untuk jangka panjang sejak KWT Roay Lestari berdiri sampai sekarang. Pemasaran offline tergantung pada jenis produk dan komoditas yang diminati.

Referensi

R. Anggraeni and I. Elan Maulani, “Pengaruh Teknologi Informasi Terhadap Perkembangan Bisnis Modern,” J. Sos. Teknol., vol. 3, no. 2, pp. 94–98, 2023, doi: 10.59188/jurnalsostech.v3i2.635.

Ranti Eka Putri, M. Wasito, and Ayu Nadia Lestari, “Sosialisasi Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Promosi Produk UMKM Desa Suka Damai,” JURPIKAT (Jurnal Pengabdi. Kpd. Masyarakat), vol. 4, no. 3, pp. 667–675, 2023, doi: 10.37339/jurpikat.v4i3.1550.

C. S. Barus and D. Silalahi, “Pengaruh Promosi Media Sosial Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Sosmed Cafe Abdullah Lubis Medan,” J. Manaj. dan Bisnis, vol. 21, no. 2013, pp. 1–15, 2021, doi: 10.54367/jmb.v21i1.1182.

S. P. Radini, M. Mulyana, and T. D. F. S. Noor, “Strategi Promosi Melalui Media Sosial Pada Padjadjaran Suites And Convention Hotel Bogor,” J. Apl. Bisnis Kesatuan, vol. 1, no. 1, pp. 71–80, 2021, doi: 10.37641/jabkes.v1i1.787.

F. V. Praharsini, M. I. Zuwandi, and A. P. Baskoro, “Pengenalan Hidroponik Dan Pengaplikasian Pupuk Organik Cair Kepada Kelompok Wanita Tani ( KWT ) Di Desa Menggala Kecamatan Pemenang,” J. Pengabdi. Magister Pendidik. IPA, 2023.

D. Rusli, C. Z. Permadi, and D. Haryono, “Pemberdayaan Kelompok Wanita Tani (KWT) di Kelurahan Kahuripan,” J. Indones. Sos. Sains, vol. 3, no. 4, pp. 515–528, 2022, doi: 10.36418/jiss.v3i4.565.

fauziah, “PENGARUH MARKETING COMMUNICATION CAFFE KENANGAN DI INSTAGRAM TERHADAP MINAT BELI PENGUNJUNG,” J. Bus. Entrep., vol. 6, no. 1, pp. 1–12, 2022.

F. Elda, “Personal Branding Melalui Media Sosial, Seminar Nasional Pakar ke 1,” 2018, pp. 15–20, 2018.

J. K. Lontoh, A. L. Tumbel, and R. Kawet, “Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Strategi Promosi Bagi Pengembangan Pemasaran Wisata Danau Linow Di Kota Tomohon,” Jur. Manajemen, Fak. Ekon. dan Bisnis Univ. Sam Ratulangi, vol. 8, no. 4, pp. 11–20, 2020.

D. R. Nasrullah, M.Si., “Riset Khalayak Digital: Perspektif Khalayak Media Dan Realitas Virtual Di Media Sosial,” J. Sosioteknologi, vol. 17, no. 2, p. 271, 2018, doi: 10.5614/sostek.itbj.2018.17.2.9.

M. Sholeh, R. Y. Rachmawati, and E. Susanti, “Penggunaan Aplikasi Canva Untuk Membuat Konten Gambar Pada Media Sosial Sebagai Upaya Mempromosikan Hasil Produk Ukm,” SELAPARANG J. Pengabdi. Masy. Berkemajuan, vol. 4, no. 1, p. 430, 2020, doi: 10.31764/jpmb.v4i1.2983.

M. Arief and M. Arief, “Peran Penjualan Dalam Perusahaan,” J. Ekon. J. Econ., vol. 8, no. 02, p. 164, 2018, [Online]. Available: https://ejurnal.esaunggul.ac.id/index.php/Eko/article/view/2014

B. C. A. Putri and S. Purwanto, “Peran Media Sosial Untuk Meningkatkan Penjualan Produk UMKM Arjuna’s Cake,” J. Ilm. Wahana Pendidik., vol. 10, no. September, pp. 301–310, 2024.

A. W. Purbohastuti, “Efektivitas Media Sosial Sebagai Media Promosi,” Tirtayasa Ekon., vol. 12, no. 2, p. 212, 2017, doi: 10.35448/jte.v12i2.4456.

W. Wardhani, U. Sumarwan, and L. N. Yuliati, “Pengaruh Persepsi dan Preferensi Konsumen terhadap Keputusan Pembelian Hunian Green Product,” J. Manaj. dan Organ., vol. 6, no. 1, p. 45, 2016, doi: 10.29244/jmo.v6i1.12183.

V. Della Irona, M. Triyani, M. Fakultas, and M. Management, “Faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen: kualitas produk, harga dan promosi (literature review smm) Corresponding author: Vitra Della Irona,” J. Ilmu Multidisiplin, vol. 1, no. 1, pp. 174–185, 2022.

D. Farahdiba, “Konsep Dan Strategi Komunikasi Pemasaran: Perubahan Perilaku Konsumen Menuju Era Disrupsi,” J. Ilm. Komun. Makna, vol. 8, no. 1, p. 22, 2020, doi: 10.30659/jikm.v8i1.7992.

Suhairi, I. S. Siregar, Nurhadiah, N. Leli, and R. T. Handayani, “Pemanfaatan Media Sosial sebagai Alat Komunikasi Massa dalam Memperluas Jangkauan dan Meningkatkan Interaksi dengan Konsumen,” J. Mirai Manag., vol. 8, no. 2, pp. 436–444, 2023.

M. Dermawansyah and R. M. Rizqi, “Analisis Strategi Komunikasi Pemasaran Melalalui Digital Marketing Pada Home Industri Kopi Cahaya Robusta Sumbawa,” J. Manaj. Ekon. Dan Bisnis, pp. 1–5, 2019.

Suriadi, Sulistyo Budi Utomo, Rendro Laksmono, Rudi Kurniawan, and Loso Judijanto, “Pengaruh Komunikasi Pemasaran, Harga dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen,” JEMSI (Jurnal Ekon. Manajemen, dan Akuntansi), vol. 10, no. 1, pp. 507–513, 2024, doi: 10.35870/jemsi.v10i1.1940.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2025-04-01

Cara Mengutip

Mahmudah, S., Aulia Azqa, R. ., Aulia Putri, M. ., Zahra, A. ., Kedjora Silvanissa, L. ., & Sri Astuti, Y. . (2025). PENGARUH PROMOSI BERBASIS MEDIA SOSIAL TERHADAP PEMASARAN HASIL PANEN KELOMPOK WANITA TANI ROAY LESTARI KOTA TASIKMALAYA . ADIDAYA : Aplikasi Pendidikan Dan Sosial Budaya, 2(1), 31-36. https://doi.org/10.58466/adidaya.v2i1.1762

Terbitan

Bagian

Artikel